Wednesday, February 10, 2010

1001 Manfaat Buah Apel


Apel banyak memiliki kandungan Vitamin, Mineral serta unsur lain seperti Fitokimia, Serat, Tanin, Baron, Asam Tartar, dan lainnya. Zat-zat inilah yang sangat dipelukan bagi tubuh kita untuk mencegah dan menanggulangi berbagai penyakit. Buah Apel kaya akan serat, sehingga baik untuk orang yang sedang dalam program diet. Hal ini disebabkan karena serat yang tinggi sehingga memperlambat datangnya lapar. Buah apel mengandung serat yang berguna mengikat lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh untuk selanjutnya dibuang.
  1. Buah apel kaya akan kandungan vitamin, misalnya vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, vitamin C. Mineral dalam buah apel antara lain kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan zinc.
  2. Fitokimia dalam buah apel merupakan antioksidan untuk melawan radikal bebas yang berasal dari polusi atau lingkungan sekitar. Zat ini juga berfungsi untuk menekan jumlah kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. zat fitokimia dalam kulit apel menghambat pertumbuhan kanker usus sebesar 43 persen.
  3. Buah apel juga memiliki kandungan Tanin. Tanin adalah zat yang berfungsi membersihkan dan menyegarkan mulut, sehingga dapat mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi.
  4. Di dalam buah apel terdapat Baron. Baron berfungsi mempertahankan jumlah estrogen dalam tubuh seorang wanita. Kandungan baron dalam apel terbukti membantu wanita mempertahankan kadar hormon estrogen saat menopause. Mempertahankan estrogen berarti mengurangi gangguan yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon pada saat menopause, misalnya semburan panas, nyeri, depresi, penyakit jantung, dan osteoporosis.
  5. Salah satu kandungan buah apel yang baik untuk mencegah penyakit adalah zat flavonoid, dalam apel terbukti dapat menurunkan resiko kanker paru-paru sampai 50 persen dan dapat mencegah penyakit jantung dan stroke.
  6. Buah apel juga terdapat asam Tartar. Asam tartar dapat menyehatkan saluran pencernaan, karena zat ini mampu membunuh bakteri yang ada dalam saluran pencernaan.
Selain buahnya dimakan, Apel juga dapat diolah menjadi sari minuman dan permentasi apel (yang biasa disebut dengan Cuka Apel). Sari buah apel dapat ditemui di supermarket atau toko-toko yang menjual makanan dan minuman. Sedangkan untuk Cuka Apel dapat ditemui di apotik atau toko obat-obatan.

Manfaat bila mengkonsumsi permentasi dari buah apel (Cuka Apel) antara lain:
  1. Terapi membersihkan batu empedu
  2. Mengatasi gangguan maag : Penderita sakit maag disebabkan karena lambung kekurangan enzim asam Hidroklorida ketika menerima makanan. Cuka apel mengandung asam hidroklorida yang dapat membantu mengatasi gangguan tersebut.
  3. Mencegah asam urat/Rhematik : Asam urat atau rhematik disebabkan terjadi endapan purin sekitar persendian tulang dan teras sakit/nyeri. Cuka apel mengandung Kalium yang mampu mencegah endapan purin tersebut.
  4. Mencegah kolestrol/Hipertensi : Kandungan serat buah pectin pada cuka apel dapat mengendalikan kolestrol dalam darah dengan mengikat empedu dan menghambat penyerapan lemak.
  5. Mencegah serangan jantung : Cuka apel mengandung senyawa Fitonutruent yang bermanfaat untuk memperlambat terurai LDL ( Low Density Lipoprotein ) penyebab serangan jantung.
  6. Menormalkan kadar gula : Kandungan serat buah/pectin pada cuka apel mampu menghambat penyerapan gula dalam tubuh sehingga kadar gula lebih terkendali.
  7. Mencegah Kerapuhan tulang ( Osteoporosis ) : Kandungan Magnesium pada cuka apel yang dikonsumsi dalam tubuh akan berfungsi sebagai perekat kalsium dan poster pada tulang sehingga mampu mengatasi kerapuhan tulang.
  8. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker Prostat : Cuka apel mengandung serat Fito kimia dan Quacertin yang sangat efektif mencegah pertumbuhan sel kanker prostat.
  9. Meningkatkan metabolisme dan daya tahan tubuh : Cuka apel mengandung vitamin C, Mineral dan asam amino yang dibutuhkan untuk energi dan membangun pengganti sel-sel yang rusak (regenerasi) sehingga merangsang system kekebalan tubuh.
  10. Mengatasi kegemukan (Obesitas) : Cuka apel mengandung kalsium yang berfungsi sebagai penghambat penimbunan lemak di dalam tubuh bagi penderita kegemukan.
  11. Gangguan keracunan akibat penumpukan residu dalam jumlah yang cukup besar dengan indikasi muntah – muntah

0 comments:

Post a Comment

 

Hanya Catatan ku Copyright © 2009 Cosmetic Girl Designed by Ipietoon | In Collaboration with FIFA
Girl Illustration Copyrighted to Dapino Colada