Thursday, April 1, 2010

Sweet Potato For Health


Ubi jalar/ketela rambat/telo adalah sejenis tanaman yang akarnya dapat dimakan, mengandung pati, sukrosa, selulosa dan karbohidrat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Ubi jalar/ketela rambat/telo juga kaya akan kandungan prebiotik, serat dan antioksidan. Semakin pekat warnanya, semakin banyak kandungan antioksidannya. Ubi jalar/ketela rambat/telo mempunyai beragam warna, ada yang berwarna ungu, merah, kuning dan putih. Warnanya tergantung pada jenisnya, jenis tanah, iklim dan mineralnya. Jenis umbi-umbian yang paling terkenal adalah ubi jalar/ketela rambat/telo, karena dapat diolah menjadi aneka makanan, minuman dan jus.

Ubi jalar/ketela rambat/telo diduga berasal dari benua Amerika (Selandia Baru, Polinesia dan Amerika bagian tengah). Ubi jalar/ketela rambat/telo mulai menyebar ke seluruh dunia, terutama Negara-negara beriklim tropis yaitu pada abad ke-16. Orang-orang Spanyol menyebarkannya ke kawasan Asia, terutama Filipina, Jepang dan Indonesia.
Bagian-bagian dari ubi jalar/ketela rambat/telo yang bisa dimanfaatkan:
1. Daun : untuk sayuran, pakan ternak
2. Batang : untuk bahan tanam, pakan ternak
3. Kulit ubi : untuk pakan ternak
4. ubi segar : untuk bahan makanan
5. Tepung : untuk makanan
6. Pati : untuk dermentasi, pakan ternak, asam sitrat

Khasiat Ubi jalar/ketela rambat/telo bagi tubuh:
  1. Untuk kekebalan tubuh/ penguat sistim imun: Kaya akan beta karoten, antioksidan, serta berbagai nutrisi lain seperti vitamin C, vitamin B kompleks, besi dan fosfor.
  2. Untuk menyembuhkan Kanker: Mengandung beta karoten, antioksidan, Vitamin C dan anti karsinogen utama yang penting untuk menyembuhkan berbagai jenis kanker. Terutama kanker kolon, usus halus, prostat, ginjal dan kanker pada organ dalam lainnya.
  3. Peradangan: Mengandung anti peradangan dengan adanya beta karoten, vitamin C dan magnesium.
  4. Diabetes: Kandungan gula dalam ubi jalar/ketela rambat/telo sangat efektif dalam meregulasi kadar gula darah dengan membantu sekresi dan fungsi insulin. Penderita diabetes dapat mengganti nasi atau karbohidrat dengan ubi jalar/ketela rambat/telo.
  5. Untuk meredakan Asma: Efektif dalam mengatasi hidung tersumbat dan sakit paru-paru dengan adanya aroma khas yang dimiliki ubi jalar.
  6. Untuk menyembuhkan Bronchitis: Kandungan vitamin C, besi serta nutrisi lainnya membantu menyembuhkan bronchitis. Ubi jalar juga dipercaya bisa menghangatkan tubuh (mungkin karena rasa manis serta nutrisi lainnya).
  7. Penambahan berat badan: Dengan rasa yang manis serta mengandung karbohidrat kompleks, vitamin dan mineral yang mudah dicerna, karenanya ubi jalar merupakan sumber energi yang efektif untuk membangun otot-otot.
  8. Mengatasi radang lambung: Dapat menimbulkan efek nyaman di lambung dan usus halus. Vitamin B kompleks, Vitamin C, beta karoten, kalium dan kalsium sangat efektif meredakan radang lambung. Selain itu, serat yang dikandung ubi jalar bisa mencegah terjadinya konstipasi dan penimbunan asam yang dapat mengurangi kemungkinan terjadinya radang lambung.
  9. Arthritis: Beta karoten, magnesium, seng dan vitamin B kompleks membuat ubi jalar sebagai pilihan yang tepat untuk mengatasi arthritis. Air rebusannya bisa dioleskan pada persendian untuk meredakan sakit akibat arthritis.
  10. Untuk Pencernaan: Kandungan serat dalam ubi jalar/ketela rambat/telo lebih tinggi dibandingkan dengan jenis kentang pada umumnya karena itu ubi jalar juga mudah untuk dicerna serta baik untuk lambung dan usus halus.
  11. Untuk Keseimbangan air: Serat dalam ubi jalar/ketela rambat/telo akan membantu menahan air dan dapat mempertahankan keseimbangan cairan dalam tubuh.
  12. Efektif menghentikan ketergantungan pada rokok, minuman serta narkotika tertentu. Selain itu, juga sangat baik bagi kesehatan pembuluh darah vena dan arteri. Konsentrasi beta karoten yang tinggi serta fosfor sangat baik bagi kesehatan mata dan kardiovaskular.
Ubi jalar/ketela rambat/telo bisa digunakan untuk mengatasi kencing manis (diabetes mellitus), penyakit kuning, keseleo, luka terpukul, eksim, bisul, herpes, sakit tenggorokan, masuk angin, perut kembung, rematik, asam urat, pegal linu, dan lain-lain. Efek farmakologisnya berkhasiat sebagai tonik, yaitu untuk menghentikan perdarahan. Bagian yang bisa dimanfaatkan adalah ubi dan daun.

0 comments:

Post a Comment

 

Hanya Catatan ku Copyright © 2009 Cosmetic Girl Designed by Ipietoon | In Collaboration with FIFA
Girl Illustration Copyrighted to Dapino Colada