Friday, August 26, 2011

Mudik Mengendarai Mobil


Mobil yang setiap hari kita lihat dan tumpangi terdiri dari beberapa komponen, dan salah satu komponen yang sangat vital adalah Mesin. Seperti halnya jantung yang ada pada tubuh kita, mesin merupakan penggerak yang akan membawa komponen lain ke suatu tempat berbeda. Dalam dunia otomotif, ada 2 (dua) jenis mesin, yakni mesin bensin dan mesin diesel. Dari jenis tersebut, sudah jelas berbeda bahan bakar pula antara keduanya.



Berikut ini beberapa tips yang harus diperhatikan pada mesin mobil anda, ketika anda hendak mudik, liburan ataupun bepergian. Hal-hal yang harus diperhatikan antara lain :



  1. Perhatikan Oli: Oli harus diganti ketika anda akan bepergian karena hal ini akan sangat membantu dalam memaksimal kinerja dari mesin mobil anda.
  2. Panaskan mesin mobil anda: Seperti halnya mesin lainnya, ketika anda akan bepergian jauh, ada baiknya anda harus panaskan dulu mesinnya agar mesin mobil anda terhindar dari mogok di selama anda melakukan perjalanan.
  3. Perhatikan Saringan Udara: Untuk menghemat bahan bakar pada mobil anda, sebaikanya lakukan pembersihan pada saringan udara, atau sebaiknya ganti yang baru jika saringan udara tersebut sudah sangat kotor.
  4. Perhatikan Sistem pendingin: Indonesia itu negara tropis dan anda sendiri bisa membayangkan, bagaimana berada dalam mobil tanpa adanya sistem pendingin.
  5. Perhatikan Kaca Spion dan lampu, serta lampu Sign: Kadang tidak begitu diperhatikan oleh sebagian orang namun tanpa ada komponen ini, anda akan seperti orang buta berada di jalanan.
Hal-hal diatas mungkin masih kurang lengkap karena masih banyak hal lainnya yang harus diperhatikan oleh anda. Namun tak ada salahnya untuk dibaca sebagai panduan sebelum anda melakukan perjalanan jauh.

0 comments:

Post a Comment

 

Hanya Catatan ku Copyright © 2009 Cosmetic Girl Designed by Ipietoon | In Collaboration with FIFA
Girl Illustration Copyrighted to Dapino Colada