Sunday, April 18, 2010

Kitchen Room


Inti kehidupan sebuah keluarga dimulai dari ruang yang paling sederhana di rumah kita yaitu dapur. Karena di ruang inilah tercipta semua keajaiban yang membentuk kehidupan penghuninya. Dapur menjadi pabrik pengolahan ide-ide kreatif dari dari bahan makanan yang digunakan setiap hari. Bahan makanan itu kemudian diolah menjadi bahan bakar kehidupan yang di konsumsi oleh setiap anggota keluarga. Oleh karena itu, kebersihan dan penataan yang bersih dari sebuah dapur menjadi kunci penting dalam menciptakan keluarga yang sehat.

Langkah-langkah untuk membuat dapur yang sehat dan bersih:
  1. Pastikan area dapur memiliki bukaan ventilasi dan jendela, atau bisa juga membuat cerobong asap mungil sebagai sumber ventilasi dapur.
  2. Lakukan pengukuran ruang dapur secara akurat jika ingin memasang kitchen set agar lebih indah dilihat.
  3. Sebaiknya menyerahkan urusan pemasangan instalasi listrik dan saluran air kepada yang ahli.
  4. Adanya cahaya merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan karena untuk dapat memasak tentu diperlukan penerangan yang cukup.

Cahaya dapat diperoleh dari 2 sumber yaitu:
  1. Cahaya Matahari: Sangat bermanfaat untuk membunuh bibit penyakit yang ada di dapur. Agar dapat memperoleh cahaya matahari yang cukup, pada saat membuat dapur perhatikan jumlah dan besarnya jendela atau ruangan terbuka sehingga bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup.
  2. Cahaya Lampu: Jika cahaya matahari tidak cukup tersedia maka cahaya lampu juga diperlukan sebagai cahaya pengganti.
Hal-hal yang perlu diperhatikan apabila memiliki dapur yang Multifungsi:
  1. Perhatikan sirkulasi udara ketika memasak. Terkadang dapur kotor identik dengan memasak, yang terkesan banyak asap dan banyak minyak. Dengan adanya sirkulasi udara yang baik maka akan mendapatkan dapur yang bersih dan segar.
  2. Perhatikan rak-rak untuk penyimpanan alat-alat yang telah digunakan dan yang telah dibersihkan, karena dapur yang baik identik dengan rapi dan bersih.
  3. Cahaya/penerangan yang cukup
  4. Ada baiknya memisahkan area untuk memotong buah atau sayuran dengan area untuk memotong dan mencuci daging atau ikan, hal ini untuk menghindari aroma tidak sedap yang timbul ketika melakukan aktivitas dapur.
  5. Agar menyenangkan dan tidak bosan berada di dapur letakkan radio kecil untuk membuat suasana dapur menjadi lebih menyenangkan.

1 comments:

NENSA MOON on April 21, 2010 at 11:08 AM said...

Wuahhh kereen bangets tuh dapurnya....
Punya kamu yg mana Wen, yg atas apa yg bawah...?
Apa punya 2 dapur...weleehhh...

Post a Comment

 

Hanya Catatan ku Copyright © 2009 Cosmetic Girl Designed by Ipietoon | In Collaboration with FIFA
Girl Illustration Copyrighted to Dapino Colada