Sunday, April 11, 2010

Turmeric For Health


Kunyit atau Kunir adalah salah satu tanaman rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya mengkonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Kunyit sering digunakan dalam masakan sejenis gulai, dapat juga digunakan untuk memberi warna kuning pada masakan (contohnya nasi kuning di Indonesia). Indonesia memiliki variasi tumbuhan kunyit lebih banyak dan merupakan salah satu penghasil kunyit terbesar di dunia.

Manfaat kunyit:
  1. Kunyit mengandung Kurkumin, yaitu suatu senyawa turunan fenolik dari hasil isolasi rimpang tanaman kunyit. Kurkumin dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker baru dan dapat memerangi kanker.
  2. Kunyit bisa dipakai untuk menyembuhkan yang berkaitan dengan penyimpangan pada kerja ginjal, bau badan yang tidak sedap dan mata yang tidak tahan terhadap sinar matahari.
  3. Kunyit dapat mengobati sariawan, bengkak dimulut atau radang tenggorokan dengan cara kunyit diparut kemudian air perasannya ditambah sedikit garam dan diminum.
  4. Kunyit dapat mengatasi panas dalam/demam: Caranya kunyit diparut, lalu peras lalu ambil air perasannya dan campur dengan madu. Ini juga sangat effektif untuk menyembuhkan flu/demam pada ibu-ibu yang hamil, sehingga terhindar dari penggunaan obat-obatan kimia yang bisa berbahaya terhadap janin yang dikandungnya.
  5. Bila dikonsumsi oleh para ibu hamil, dipercaya bayi yang lahir akan bersih dari lemak-lemak yang seringkali menempel/menutupi seluruh badan bayi, dan kunyit dapat melancarkan persalinan serta memperbanyak ASI.
  6. Umbi akar dari kunyit yang berumur lebih dari satu tahun dipakai sebagai obat karena bersifat mendinginkan, membersihkan, mempengaruhi bagian perut khususnya pada lambung , merangsang, melepaskan lebihan gas di usus, menghentikan pendarahan dan mencegah penggumpalan darah.
  7. Kunyit juga digunakan sebagai obat anti gatal dan anti kejang serta mengurangi pembengkakan selaput lendir mulut.
  8. Kunyit dapat digunakan untuk menyembuhkan hidung yang tersumbat, caranya dengan membakar kunyit dan menghirupnya.
  9. Kunyit membantu meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan dan mencegah rematik, mengobati diabetes melitus, tifus, morbili, campak, usus buntu, disentri, dan keputihan, melancarkan haid, serta meredamkan rasa mulas saat haid.
  10. Kunyit yg diremas-remas dengan biji cengkeh dan melati digunakan untuk obat radang hati dan penyakit kulit. Sementara akar kunyit yang diremas-remas digunakan untuk obat luar penyakit bengkak dan rematik.
  11. Parutan kunyit yg dicampur dengan asam kawak digunakan untuk mengobati kaki luka. Salep yg dibuat dari campuran kunyit dengan minyak kelapa banyak digunakan untuk menyembuhkan kaki yg bengkak dan untuk mengeluarkan cairan nanah.

0 comments:

Post a Comment

Followers

Message

BlogUpp

 

Hanya Catatan ku Copyright © 2009 Cosmetic Girl Designed by Ipietoon | In Collaboration with FIFA
Girl Illustration Copyrighted to Dapino Colada