Wednesday, April 21, 2010

Tanaman Rosela Sebagai Obat


Tanaman rosela adalah tanaman hias, tetapi banyak orang memanfaatkannya menjadi tanaman obat yang dipercaya dapat mengobati penyakit. Tanaman Rosela memiliki spesies lebih dari 300 spesies yang tersebar pada daerah tropis dan non tropis, salah satu spesies rosela adalah rosela merah atau rosela Hibiscus Sabdariffa. Tanaman rosela dapat tumbuh di segala macam tanah, tetapi paling cocok pada tanah yang subur dan gembur, rosela juga tidak tahan terhadap genangan air. Nama rosela terkenal hampir di seluruh penjuru dunia, akhir-akhir ini tanaman rosela juga mulai populer di Indonesia.

Dahulu kelopak Rosela (dikenal dengan sebutan frambozen) digunakan sebagai bahan pembuat sirup berwarna merah yang beraroma khas. Tetapi sekarang, kelopak Rosela dikenal sebagai bahan minuman yang disebut teh Rosela. Kelopak Rosela dapat dikonsumsi dalam bentuk segar maupun dalam bentuk seduhan seperti teh. Kelopak Rosela segar juga dimanfaatkan menjadi berbagai bentuk makanan seperti puding, campuran salad, hingga selai dan sirup. Kelopak bunga rosela mengandung vitamin C, vitamin A, asam amino yang diperlukan oleh tubuh, juga mengandung protein dan kalsium. Daun, buah dan biji rosela berperan sebagai diuretik, antisariawan dan pereda nyeri. Zat aktif yang paling berperan dalam kelopak rosela meliputi gossypetin, antosianin dan glucoside hibiscin. Kelopak rosela lebih berkhasiat jika dikonsumsi dalam bentuk segar.

Kelopak bunga rosela berkhasiat untuk:
  1. Meningkatkan Stamina dan daya tahan tubuh
  2. Diuretik (melancarkan air seni)
  3. Onthelmintic(membasmi cacing)
  4. Antibakteri, antiseptik dan antiradang
  5. Menurunkan panas dan mengatasi panas dalam
  6. Meluruhkan dahak
  7. Menurunkan tekanan darah
  8. Mengurangi kekentalan darah
  9. Menstimulasi gerak peristaltik usus
  10. Obat sariawan
  11. Untuk mengatasi kolesterol tinggi, hipertensi, gangguan jantung
  12. Mengobati sembelit
  13. Mengurangi resiko osteoporosis
  14. Mencegah kanker darah.
  15. Rosela juga membantu para pecandu. Misal perokok dapat mengurangi dampak negatif nikotin, dapat mengurangi ketergantungan pada narkoba
  16. Khusus untuk anak-anak karena rosela mengandung OMEGA3, maka dapat memacu pertumbuhan DHA.
Kadar antioksidan yang terkandung dalam kelopak kering Rosela dapat menghambat radikal bebas, dan kadarnya lebih tinggi dibandingkan dengan tanaman obat lainnya. Antosianin merupakan pigmen alami yang memberi warna merah kelopak bunga Rosela dan bersifat antioksidan. Perbandingan kadar antosianin yang bersifat antioksidan dapat dilihat pada dua jenis rosela yaitu rosela Sudan yang berwarna merah pekat kehitaman dan rosela Taiwan berwarna merah darah. Rosela Sudan rasanya lebih asam dan lebih pekat sehingga kelopak keringnya dapat digunakan hingga 2-3 kali seduh, sedangkan rosela Taiwan hanya dapat digunakan untuk satu kali seduh. Semakin pekat warna merah pada kelopak rosela maka rasanya akan semakin asam. Dan kandungan antosianin dan antioksidannya semakin banyak. Tetapi kadar antioksidan dalam kelopak Rosela menjadi berkurang jika dikeringkan dengan proses pemanasan (dipanggang dalam oven). Ada spesies lain dari Rosela yang disebut Native Rosela (Hibiscus heterophyllus) yang bisa menyebabkan kerusakan ginjal jika dikonsumsi. Bunganya segar mirip Rosela (Hibiscus sabdariffa). Jenis rosela langka yang lebih besar tebal berwarna ungu saat masih segar dan berwarna merah tua saat dikeringkan. Memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi.

Di antara banyak khasiatnya, Rosela diunggulkan sebagai herba antikanker dan hipertensi karena pigmen alami dari kelopak kering Rosela terbukti efektif dalam menghambat dan sekaligus mematikan sel kanker darah/leukemia. Pigmen ini juga berperan dalam proses apoptosis/membunuh sel kanker. Biasanya penyajian yang sering dilakukan adalah mengeringkan lalu seduh menjadi secangkir teh. Rasanya sendiri agak kecut-kecut.
Cara penyajian :
  • Seduh 3 atau 5 bunga Rosella dengan segelas air panas (250cc) lalu diaduk. Diamkan sekitar 5 menit.
  • Beri gula atau madu sesuai selera.
  • Dapat disajikan hangat atau dingin.

1 comments:

NENSA MOON on April 22, 2010 at 8:07 AM said...

Pagi2 dah OL yaww...masak dulu dong...ayooo...masak...hahaha...
Itu shout error mulu sech...!!!

Post a Comment

Followers

Message

BlogUpp

 

Hanya Catatan ku Copyright © 2009 Cosmetic Girl Designed by Ipietoon | In Collaboration with FIFA
Girl Illustration Copyrighted to Dapino Colada