Tuesday, April 6, 2010

ASI Menyelamatkan Bayi Dan Ibu


Pemberian ASI pada jam pertama setelah kelahiran seperti memberikan suntikan pertama kepada sang bayi, karena pada saat itulah bayi akan terselamatkan dari kematian.

2 faktor yang membuat berkurangnya angka kematian pada bayi yaitu:
1. Kontak kulit antara ibu dan bayi:
Ketika bayi yang baru dilahirkan ditempelkan kedada ibunya untuk menyusui, maka bakteri dikulit sekitar puting akan terjilat oleh bayi. Meskipun beragam bakteri tersebut, kebanyakan tidak berbahaya tetapi jika tertelan oleh bayi maka akan membentuk antibodi dalam tubuh bayi. Antibodi tersebut mampu melawan masuknya beragam bakteri berbahaya yang ada disekitarnya. Kondisi inilah yang dapat mengurangi angka kematian pada bayi.

2. Kolustrum (air susu pertama yang kental dan berwarna kekuningan) yang dihisap bayi:
Kolustrum mengandung nutrisi dan kaya antibodi. Jika satu jam pertama itu "hilang" artinya bayi tidak diberikan kesempatan untuk menyusui pada jam pertama kelahirannya maka kesempatan mendapatkan kolustrum pun hilang. Padahal kolustrum dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Selama beberapa bulan berikutnya, bayi yang minum kolustrum memiliki daya tahan tubuh yang prima dan tidak mudah terkena sakit.

Sedangkan manfaat ASI bagi ibu adalah saat menyusui bayi mengakibatkan rahim berkontraksi dan kontraksi tersebut mempercepat penyembuhan luka-luka akibat melahirkan. Proses produksi susu juga akan menstimulasi produksi hormon-hormon yang menenangkan dan membuat relaks sang ibu maupun bayinya.
Selamat Menyusui bagi sang Ibu yang mempunyai bayi.

0 comments:

Post a Comment

Followers

Message

BlogUpp

 

Hanya Catatan ku Copyright © 2009 Cosmetic Girl Designed by Ipietoon | In Collaboration with FIFA
Girl Illustration Copyrighted to Dapino Colada