Wednesday, May 12, 2010

Brain Food


Ada 10 jenis makanan terbaik untuk pertumbuhan anak-anak agar dapat merangsang pertumbuhan sel-sel otak, memperbaiki fungsinya, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi berpikir anak-anak.

1. Salmon
Salmon adalah spesies anadromous, yaitu spesies yang bermigrasi untuk berkembang biak, lahir di perairan air tawar, bermigrasi ke lautan, lalu kembali ke air tawar untuk bereproduksi. Salmon adalah sejenis ikan laut dari famili Salmonidae. Ikan lain yang satu famili dengan salmon adalah ikan trout. Perbedaannya adalah pada migrasi hidup salmon dibandingkan dengan ikan trout yang menetap. Salmon hidup di Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik. Salmon merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3, DHA and EPA yang keduanya penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Riset terbaru juga menunjukkan bahwa orang yang memperoleh asupan asam lemak lebih banyak memiliki pikiran lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalam uji kemampuan.

2. Telur
Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi telur bisa memperbaiki kadar lipid (kolesterol), seseorang yang mengkonsumsi telur kolesterolnya akan naik. Telur dikenal sebagai sumber protein yang relatif murah dan harganya cukup terjangkau. Bagian kuning telur yang padat kaya akan kandungan kolin, yaitu suatu zat yang dapat membantu perkembangan memori atau daya ingat. Telur mengandung antioksidan dan lutein yang membantu mencegah gangguan penglihatan akibat penuaan dan katarak. Kadar lutein dalam telur bahkan lebih banyak dibanding pada sayuran berdaun hijau. Satu buah kuning telur mengandung lebih dari 25 persen kebutuhan choline setiap hari. Orang dewasa membutuhkan 425 g choline per hari, sedangkan anak balita butuh 250 gr per hari. Sebuah penelitian mengungkapkan konsumsi choline yang cukup bisa menurunkan resiko kanker payudara. Telur juga mengandung asam lemak yang melindungi jantung.

3. Selai kacang
Selai kacang atau peanut butter adalah makanan dibuat dari kacang tanah yang disangrai dan dihaluskan setelah diberi gula dan garam. Selai kacang dijual dalam kemasan toples plastik atau gelas dengan berbagai macam variasi rasa. Jenis selai kacang yang halus disebut creamy atau smooth, sedangkan selai kacang yang ditambah kacang tanah yang digiling kasar disebut crunchy. Variasi lain berupa selai kacang dicampur coklat dan honey roasted yang mengandung madu. Selai kacang merupakan salah satu sumber vitamin E. Vitamin ini merupakan antioksidan yang dapat melindungi membran-membran sel saraf. Bersama thiamin, vitamin E membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk kebutuhan energi.

4. Gandum murni
Biji bijian berkulit keemasan ini kaya dengan serat yang dapat merangsang pergerakan usus.Biji bijian tersebut juga mengandung nutrisi anti kanker dan anti oksidan. Selain itu biji bijian dapat membantu memperlancar pencernaan dan pembuangan sisa sisa kotoran dalam tubuh. Seluruh biji bijian ini mempunyai daya serap yang sangat kuat sehingga dapat menimbulkan rasa kenyang dan melangsingkan badan dengan cara membakar lemak dalam tubuh . Otak membutuhkan suplai atau sediaan glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan. Gandum murni memiliki kemampuan untuk mendukung kebutuhan tersebut. Serat yang terkandung dalam gandum murni dapat membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Gandum juga mengandung vitamin B yang berfungsi memelihara kesehatan sistem saraf.

5. Oat/Oatmeal
Oat merupakan salah satu jenis sereal paling populer di kalangan anak-anak dan kaya akan nutrisi penting bagi otak. Oat dapat menyediakan energi atau bahan bakar untuk otak yang sangat dibutuhkan anak-anak mengawali aktivitasnya di pagi hari. Oat kaya akan kandungan serat, karenanya oat akan menjaga otak anak untuk memenuhi kebutuhannya di sepanjang pagi. Oat juga merupakan sumber vitamin E, vitamin B, potassium dan seng yang membuat tubuh dan fungsi otak berfungsi pada kapasitas penuh.

6. Berry
Berry mengandung kadar antioksidan yang tinggi, khususnya vitamin C yang bermanfaat untuk mencegah kanker. Biji dari buah berri kaya akan asam lemak omega-3, karenanya mereka yang mendapatkan ekstrak blueberry dan strawberry akan mengalami perbaikian dalam fungsi daya ingatnya.

7. Kacang-kacangan
Menurut hasil penelitian, kacang merah dan kacang pinto mengandung lebih banyak asal lemak omega 3 daripada jenis kacang lainnya (khususnya ALA) yaitu sejenis omega-3 yang penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak. Kacang kaya akan kandungan serat, vitamin dan mineral. Kacang juga makanan yang baik untuk otak karena dapat mempertahankan energi dan kemampuan berpikir anak-anak pada puncaknya di sore hari jika dikonsumsi saat makan siang.

8. Sayuran berwarna
Tomat, ubi jalar merah, labu, wortel, bayam adalah sayuran yang kaya nutrisi dan sumber antioksidan yang akan membuat sel-sel otak kuat dan sehat.

9. Susu dan Yogurt
Makanan yang berasal dari produk susu mengandung protein dan vitamin B yang tinggi. Dua jenis nutrisi ini penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim. Susu dan yogurt juga bisa membuat perut kenyang karena kandungan protein dan karbohidratnya, juga sekaligus menjadi sumber energi bagi otak. Penelitian terbaru mengindikasikan bahwa anak-anak dan remaja membutuhkan lebih banyak vitamin D bahkan 10 kali dari dosis yang direkomendasikan. Vitamin D adalah vitamin yang juga penting bagi sistem saraf otot dan siklus hidup sel-sel manusia secara keseluruhan.

10. Daging sapi tanpa lemak
Daging sapi tanpa lemak adalah salah satu sumber makanan yang mengandung banyak zat besi. Dengan hanya mengkonsumsi 1 ons per hari, maka tubuh akan terbantu dalam penyerapan zat besi. Daging sapi juga mengandung mineral seng yang dapat membantu memelihara daya ingat .

0 comments:

Post a Comment

Followers

Message

BlogUpp

 

Hanya Catatan ku Copyright © 2009 Cosmetic Girl Designed by Ipietoon | In Collaboration with FIFA
Girl Illustration Copyrighted to Dapino Colada