Friday, May 7, 2010

Khasiat dan Zat Yang Terkandung Pada Madu


Dalam madu terdapat obat yang menyembuhkan manusia (Al-Quran, surat An Nahl ayat 68-69)
“Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah; “ buatlah sarang-sarang di bukit-bukit dan ditempat-tempat yang dibuat manusia, kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu)”.
Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan manusia. Sesungguhnya pada yang demikian terdapat tanda-tanda bagi orang yang memikirkan”

Madu mengandung karbohidrat yang paling tinggi diantara produk ternak lainnya seperti susu, telur, daging, keju dan mentega. Setiap 100 gram madu murni bernilai 294 kalori atau perbandingan 1000 gram madu murni setara dengan 50 butir telur ayam atau 5,675 liter susu atau 1680 gram daging.

Madu memiliki kemampuan untuk menarik dan mengikat kelembaban. Kemampuan kulit untuk mempertahankan kelembaban merupakan faktor penting untuk menjaga kelembutan, kekenyalan dan kelenturan kulit. Sejalan dengan bertambahnya usia, kulit kehilangan kemampuannya untuk mengikat air yang mengakibatkan kulit kering atau keriput. Proses menggunakan madu untuk menciptakan alpha hydroxy acids (AHAs) yang penting dalam setiap krem kulit dan pelembab karena fungsinya sebagai pengelupasan kulit. Perawatan dengan cara pengelupasan ini berguna untuk meningkatkan perbaikan sel kulit dan meremajakan kulit. Namun, cara ini juga bisa menyebabkan kulit teriritasi, jadi dengan menambahkan pelembab alami dari madu membuat produk AHAs jadi lebih sempurna.

Zat-zat yang terkandung dalam madu:
  1. Madu memiliki komponen kimia yang memiliki efek koligemik yaitu asetilkolin yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi tekanan darah. Gula yang terdapat dalam madu akan terserap langsung oleh darah sehingga menghasilkan energi lebih cepat bila dibandingkan dengan gula biasa.
  2. Madu mengandung komponen lain seperti tepung sari dan berbagai enzim pencernaan.
  3. Madu mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, B1, B2, mineral seperti kalsium, natrium, kalium, magnesium, besi, juga garam iodine bahkan radium.
  4. Madu mengandung antibiotik dan berbagai asam organic seperti asam malat, tartarat, sitrat, laklat dan oksalat yang mampu melawan penyakit.
  5. Madu terkandung zat anti mikrobial yang dapat menghambat penyakit.
  6. Madu mengandung glukosa (dekstrosa) dan fruktosa (levulosa) dalam jumlah yang tinggi. kadar dekstrosa dan levulosa yang tinggi mudah diserap oleh usus bersama zat-zat organic lain, sehingga sebagai stimulant bagi pencernaan dan memperbaiki nafsu makan.
Khasiat madu bagi kesehatan:
  1. Madu dapat memperkuat janin yang lemah dalam kandungan (rahim).
  2. Bagi ibu hamil : Madu membantu menjaga stamina dan kesehatan selama mengandung, dan membantu asupan gizi yang tinggi bagi pertumbuhan janin yang sehat selama dalam kandungan.
  3. Membantu perkembangan otak bayi, karena setiap harinya otak terus berkembang sampai dengan usia 5 tahun. Untuk itu ia membutuhkan gizi yang tinggi. Pertumbuhan dan perkembangan otak sangat terkait dengan kecerdasan pikiran (IQ) dan kecerdasan mental (EQ).
  4. Membantu anak agar nafsu makan meningkat karena madu mengandung vitamin B yang lengkap.
  5. Madu membuat gizi yang baik dan teratur, serta akan membuat pertumbuhan tubuh menjadi sempurna bagi anak remaja.
  6. Madu adalah makanan terbaik yang sangat diperlukan bagi manula , karena madu adalah sumber energi dan gizi yang dapat diserap langsung oleh tubuh , dimana pada usia tersebut organ pencernaan kita sudah mulai berkurang fungsinya.
Kualitas madu ditentukan dari asal bunga seperti Mix Flower (Aneka bunga hutan), Madu Bunga Klengkeng, Madu bunga Kopi , Madu Bunga Rambutan, Madu bunga Randu/Kapuk dan lain-lain. Berdasarkan informasi penelitian madu yang paling manis berasal dari nektar bunga Rambutan (Nephelium lappaceum ).

0 comments:

Post a Comment

Followers

Message

BlogUpp

 

Hanya Catatan ku Copyright © 2009 Cosmetic Girl Designed by Ipietoon | In Collaboration with FIFA
Girl Illustration Copyrighted to Dapino Colada