Friday, March 19, 2010

Healthy With Nutmeg (Buah Pala)


Pohon pala (Myristica fragrans) banyak ditanam di kebun-kebun, terutama di kepulauan Banda, Maluku. Tanaman pala berbentuk pohon yang tingginya bisa mencapai belasan meter. Pada musim berbuah, pohon ini akan muncul bunga disetiap ujung ranting dan menjadi buah bergerombol berwarna hijau kekuningan. Daging buahnya tebal berwarna keputihan, buah ini berasa getir dan mengandung banyak getah. Pohon Pala dapat tumbuh pada iklim dengan curah hujan yang banyak dengan tanah yang gembur. Pala merupakan rempah yang memiliki khasiat sebagai obat, terutama buah dan bijinya.

Pala mempunyai sifat :
  1. Stomakik yaitu untuk memperlancar pencernaan dan meningkatkan selera makan,
  2. Karminatif yaitu untuk memperlancar buang angin,
  3. Antiemetik yaitu untuk mengatasi rasa mual mau muntah, nyeri haid dan rematik.
Bagian dari Pala yang dapat dimanfaat:
  1. Daging buah yang berwarna keputihan: dapat diolah menjadi manisan atau direbus dengan gula menjadi sirup pala. Mengandung minyak atsiri dan zat samak.
  2. Fuli/bunga pala :digunakan sebagai bumbu masakan atau diekstrak sarinya menjadi bahan baku kosmetika dan parfum. Mengandung minyak atsiri, zat samak dan zat pati.
  3. Bagian biji yang berwarna kecoklatan : banyak dimanfaatkan menjadi beragam bumbu masak , parfum, kosmetik, minyak atsiri, bahan pengawet dan lain-lain. Bijinya sangat tinggi kandungan minyak atsiri, saponin, miristisin, elemisi, enzim lipase, pektin, lemonena dan asam oleanolat.
Khasiat Pala untuk kesehatan
  1. Untuk mengatasi muntaber : 1 butir buah pala dan bunganya, 5 gram jintan putih, 10 gram jahe, dan 1 buah delima yang diambil kulitnya, ditumbuk halus. Lalu, tambahkan santan kelapa dan minyak kayu putih secukupnya, diaduk lalu dibalurkan pada bagian perut dan ulu hati penderita.
  2. Dapat mengatasi insomania : Campur 1 sdt biji pala, 1 gelas susu segar, 1 sdt madu, 1 sdt pala halus dan ½ sdt gula batu. Rebus susu sampai mendidih, angkat dan campur dengan pala, madu dan gula batu. Aduk, saring dan minum selagi hangat.
  3. Untuk sakit Maag, Masuk Angin dan Cegukan: Siapkan 100 ml air hangat, Campur dengan 1 sdt pala halus dan 2 sdt bubuk buah pisang batu. Minum beserta ampas selagi hangat. Sebaiknya pengobatan diulang sampai sembuh.
  4. Mengatasi rasa mual dan muntah : Seduh 1 sdt pala halus dengan ¼ sdt garam halus dalam 1 gelas air hangat. Aduk rata dan minum selagi hangat beserta ampasnya.
  5. Rematik : Bagi penderita rematik, mandilah dengan sabun pala secara teratur dan gosok pada bagian yang sakit dengan balsam pala. Kedua bahan ini dapat diperoleh di apotik atau toko obat.
  6. Nyeri Haid : Ambil ½ sdt pala halus, 2 cm kunyit, 6 butir ketumbar, 1 buah cengkeh dan satu gelas air. Campur semua bahan dan rebus dengan api kecil sampai airnya tinggal setengah. Saring dan minum selagi hangat.
Daging buah pala juga banyak diolah menjadi panganan ringan yang menyegarkan yaitu manisan pala. Makanan ini berkhasiat menurunkan tekanan darah dan menghilangkan pegal-pegal. Dalam pembuatannya, buah pala yang telah dipanen direndam dalam air garam. Setelah dipisahkan dalam bijinya daging buah diiris dan dipukul hingga menyerupai kipas. Daging buah pala ini kemudian diolesi gula pasir hingga 2 kali. Pembuatan manisan dilanjutkan dengan proses fermentasi. Dalam proses ini buah pala menghasilkan air. Air dari manisan basah inilah yang dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

0 comments:

Post a Comment

Followers

Message

BlogUpp

 

Hanya Catatan ku Copyright © 2009 Cosmetic Girl Designed by Ipietoon | In Collaboration with FIFA
Girl Illustration Copyrighted to Dapino Colada