Thursday, October 14, 2010

Daun Pepaya Sebagai Obat Demam Berdarah


Daun pepaya memiliki khasiat yang sangat luar biasa, diketahui bahwa juice daun pepaya mempunyai efek pendingin bagi penderita panas badan yang tinggi, terutama yang menderita sakit DB (Demam berdarah), menyembuhkan seseorang yang sedang sakit tenggorokan maupun seseorang yang takut terhadap cuaca panas, juga dapat digunakan sebagai obat cacing karena mengandung enzim papain

Pepaya (daun, buah, dan batang) banyak mengandung getah enzim dan terpenoid. Enzim yang terdapat dalam getah pepaya adalah enzim papain. Enzim ini berfungsi memecahkan molekul protein, sehingga dapat digunakan untuk melunakkan daging yang keras (alot). Kandungan terpenoid adalah senyawa yang biasanya terdapat dalam tumbuhan, umumnya terdapat dalam minyak atau sari yang dihasilkan tumbuhan dan juga dapat digunakan sebagai obat.

Seorang yang sedang sakit pasti metabolismenya tidak baik. Dengan memakan daun pepaya, metabolisme akan membaik, karena untuk melakukan metabolisme tubuh membutuhkan hormon. Sedangkan, hormon didapat dari enzim yang banyak terdapat dari daun pepaya. Daun pepaya juga memiliki fungsi stimulan untuk meningkatkan nafsu makan dan merangsang pembuatan enzim pencernaan, sehingga dapat meningkatkan metabolisme di tubuh yang lemah karena sakit. Jika metabolisme membaik, maka keadaan si penderita juga akan semakin membaik.

Cara pembuatan/penggunaan daun pepaya:
  • Ambil daun pepaya sebanyak 2 lembar, kemudian dicuci bersih dengan air (dingin normal, jangan gunakan air panas karena akan mengurangi khasiatnya).
  • Daun pepaya yang masih mentah dan segar ditumbuk sampai halus (daun pepaya jangan direbus atau disiram air panas agar kandungan khasiat alaminya tetap terjaga).
  • Tumbuk halus daun pepaya, diperas sambil disaring (2 daun pepaya menghasilkan kira-kira 2 sendok teh).
  • Air hasil saringan tumbukan daun pepaya ini diminumkan kepada pasien setiap hari (sampai kondisinya benar-benar pulih).
  • Cukup hanya dengan 2 (dua) lembar daun pepaya untuk setiap harinya atau dua sendok teh tiap hari.

0 comments:

Post a Comment

 

Hanya Catatan ku Copyright © 2009 Cosmetic Girl Designed by Ipietoon | In Collaboration with FIFA
Girl Illustration Copyrighted to Dapino Colada