Friday, January 22, 2010

Hula Hoop


Bergoyang pinggul sambil memutar hula hoop, bisa menjadi cara mudah melangsingkan perut. Tapi awas, bagi mereka yang punya masalah dengan tulang belakang. Sebuah simpai atau hoop, berputar pada sesosok tubuh yang berperan sebagai porosnya. Hoop yang bergerak seperti gasing itu melingkar-lingkar, merambat kebagian dada lalu merosot melewati pinggul terus sampai ke paha. Tapi, sebelum meluncur jatuh ke tanah, dengan sedikit sentakan hoop itu akan bergerak naik lagi mencapai seputar perut. Selama beberapa menit bertahan mengitari perut dengan kecepatan yang sejenak pelan, kencang dan pelan lagi, sesuai dengan gerakan perut dan pinggul yang mengendalikannya. Makin lama makin asyik, karena perut dan pinggul yang menggerakkan hoop itu juga meliuk-liuk mengikuti irama musik. Apalagi kalau dalam hentakan irama yang bersemangat, sekejap kemudian pemain terlihat kuyup bermandi keringat. Kedua telapak tangan pemain tersebut bertautan diatas kepala, untuk memperindah gerakannya.

Manfaat berlatih hula hoop
* melatih kelincahan gerak anggota badan.
* meningkatkan energi dan kelenturan tubuh.
* melatih koordinasi tubuh dan keseimbangan
* memompa daya tahan tubuh dan latihan untuk jantung.
* membuang stres dan membangun rasa bahagia.
* membakar lemak pinggang, mengencangkan otot perut dan sekitarnya, serta melenturkan tulang belakang.
* benturan-benturan hoop pada otot-otot seputar perut seperti pemijatan pada bagian itu.
* bisa menjadi sarana gaul yang mudah dengan keluarga, kerabat ataupun menjalin kenalan baru.
* membuat prestasi, ikut ambil bagian dalam lomba bagi yang sudah mahir.

Bagaimana berlatih hula hoop:
*Usahakan mempunyai hoop sendiri. Berat hoop bervariasi, dengan berat sekitar 800 gr-1200gr ditentukan juga oleh diameternya. Bagi pemula lebih baik pilih yang ringan, semakin mahir boleh menggunakan yang lebih berat. Tidak ada teknik khusus yang diajarkan karena kemahiran seseorang ditentukan oleh ketekunannya berlatih.

* Lakukan pemanasan sebelum mulai berlatih. Bisa jogging ringan untuk membangunkan otot, sendi, dan otot jantung sekitar 15menit, lalu dilanjutkan dengan senam peregangan/stretching otot kaki, tangan, leher dan perut.

* Tidak ada teknik khusus menggerakkan tulang belakang dan otot perut.

* Bagi pemula, mulai berlatih sekitar 10menit, beristirahat selama 15menit sebelum memulai lagi. Putar hoop disekitar perut, tapi jika sudah mahir hoop bisa dikendalikan naik turun, sampai seputar leher.

* Dalam setiap lomba, daya tahan/waktu yang menjadi ukuran prestasi, namun disarankan melakukan hula hoop tidak lebih dari 15menit.

* Jika sudah mampu memutar hoop, cobalah memutar musik sesuai dengan irama kecepatan gerak anda. Coba lagi diikuti gerakan kedua tangan diayun, dilambai, atau sesuka anda.

* Berlatih bersama teman-teman jauh lebih menyenangkan dan menantang.

0 comments:

Post a Comment

Followers

Message

BlogUpp

 

Hanya Catatan ku Copyright © 2009 Cosmetic Girl Designed by Ipietoon | In Collaboration with FIFA
Girl Illustration Copyrighted to Dapino Colada