Thursday, January 21, 2010

SPA di rumah


Setelah lelah seharian beraktivitas, saatnya anda memanjakan diri menikmati kenyamanan spa dirumah dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada didapur, misalnya wortel, alpukat, yogurt, telur, jeruk nipis, garam dan sebagainya. Selain merasakan khasiat yang alami, aktivitas ini bisa dijadikan alternatif untuk memanjakan diri dan berkreasi.

Perawatan Wajah
Salah satu manfaat perawatan spa adalah dicapainya aspek kesehatan holistik, artinya kulit (wajah maupun seluruh badan) yang sehat serta pikiran yang nyaman. Jika sehari-hari kita hanya membersihkan wajah dengan krem pembersih dan cairan penyegar, kini saatnya memberikan perawatan ekstra dengan mencoba scrub dan masker wajah dari bahan hasil eksplorasi dapur. Pemakaian scrub bertujuan untuk mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati. Pengangkatan sel kulit mati ini, diharapkan akan mempercepat regenerasi atau perbaruan sel, sementara itu masker wajah akan melembabkan dan mengencangkan kulit.

Bahan Scrub: campur 3 buah stowberri yang ranum dan 3 sdm yogurt tawar(sesuai selera) , diblender sampai rata seperti pasta. Scrub bisa digunakan untuk bagian-bagian tubuh yang diinginkan.

Bahan Masker: masker wajah diracik sesuai jenis kulit.
Berikut ini adalah contoh untuk kulit normal : campur daging buah dari separuh buah alpukat yang sudah matang, 1 butir telur ambil putihnya, 1/2 sdt madu, dan 1 tetes minyak esensial lemon, blender sampai rata. Sebagai alternatif, bisa dipilih pisang, nanas, pepaya, wortel, atau ketimun.
* sebelum menggunakannya, bersihkan wajah terlebih dulu dengan cleanser atau pembersih dan penyegar. Lalu bersihkan dengan lap atau handuk hangat, bilas dengan air es.
* awali dengan mengoles scrub ke wajah dan leher. Hindari disekitar mata dan bibir, wajah yang berjerawat atau yang mengalami iritasi. Tekan wajah dengan ujung jari kemudian menggosoknya perlahan, tujuannya untuk membuang kulit mati yang mengelupas dan mengangkat kotoran sisa-sisa lemak. Lakukan selama 5 menit, kemudian biarkan selama 10-15 menit untuk memberi kesempatan bahan-bahan scrub bereaksi.
* bersihkan dengan handuk halus yang dibasahi air hangat, lalu bilas dengan air dingin.
* oleskan masker yang sudah disiapkan keseluruh wajah dan leher, hindari seputar mata dan bibir. Sambil menunggu masker mengering, berbaringlah dengan tenang dan hirup dalam-dalam aroma yang menenangkan sambil mendengarkan lagu-lagu yang lembut.
* sekitar 30menit atau setelah kering, bersihkan dengan handuk hangat, lalu bilas dengan air bersih.

Perawatan tubuh
Tubuh akan kembali segar setelah anda melakukan pengangkatan sel kulit mati setiap minggu yang diikuti dengan berendam dalam campuran minyak esensial dan garam alami. Bahan yang digunakan untuk perawatan kulit seluruh badan bisa sekaligus dibuat untuk wajah (scrub), yaitu campuran strowberri, yogurt, dan minyak lemon. Sebagai bahan scrub alternatif, buatlah campuran 1/2 cangkir minyak zaitun dan 2 sdm garam halus.
* awali perawatan tubuh dengan mengguyur seluruh tubuh dengan air bersih, lalu keringkan. Kemudian mulai mengoles scrub ke tubuh dan menggosoknya dengan spon. Untuk menjangkau bagian punggung, gunakan sikat bertangkai panjang. Hindari bagian-bagian yang memar/iritasi.
* sebisanya, lakukan pemijatan lembut keseluruh permukaan kulit badan. Beri perhatian pada bagian-bagian yang bermasalah (lipatan paha, ketiak, punggung).
* biarkan beberapa saat sekitar 5 menit, lalu bersihkan dengan handuk yang diberi air hangat. Perawatan tubuh biasanya dilanjutkan dengan pengolesan masker badan (berupa racikan bahan alami termasuk lumpur, kopi, coklat, dan ramuan herbal). Jika tahap ini dilakukan sendiri dirumah, anda perlu bantuan orang lain untuk meratakan ramuan masker keseluruh badan, lalu menunggunya sampai kering.
* lanjutkan dengan berendam dalam air hangat (28-35 derajat celcius) yang sudah dicampur garam dan beberapa tetes minyak esensial. Sambil berendam, gosok-gosok seluruh kulit sambil membersihkan sisa-sisa scrub badan.
* walau efeknya sangat menenangkan, tapi usahakan berendam tidak lebih dari 15 menit. Konsultasikan terlebih dulu kepada ahli jika mempunyai gangguan varises, wasir dan jantung.
* basahi seluruh tubuh dengan air dingin dan keringkan badan.

Note tentang minyak esensial
Minyak esensial adalah sari pati tumbuhan atau ekstrak bahan alami beraroma yang diperlukan untuk perawatan kecantikan dan kesehatan, dan dapat membangun keharmonisan antara tubuh dan pikiran. Minyak ini bisa didapat dengan mudah di gerai produk kecantikan. Aroma terapinya dilakukan dengan pemijatan untuk membantu penyerapan kedalam aliran darah dan getah bening.

0 comments:

Post a Comment

Followers

Message

BlogUpp

 

Hanya Catatan ku Copyright © 2009 Cosmetic Girl Designed by Ipietoon | In Collaboration with FIFA
Girl Illustration Copyrighted to Dapino Colada