Friday, February 19, 2010

Buah Belimbing dan Khasiatnya


Buah belimbing ada 2 jenis yaitu belimbing manis dan belimbing wuluh.
Jenis pertama yang memiliki rasa manis dengan bentuk bintang dikenal sebagai belimbing manis (Averrhoa Carambola) sedangkan jenis kedua adalah belimbing sayur atau belimbing wuluh (Averrhoa bilim) yang rasanya asam. Buah belimbing manis berwarna kuning kehijauan. Saat baru tumbuh, buahnya berwarna hijau. Jika dipotong, buah ini mempunyai penampang yang berbentuk bintang. Berbiji kecil dan berwarna coklat. Buah ini renyah saat dimakan, rasanya manis dan sedikit asam. Buah ini mengandung banyak vitamin C.
Salah satu wilayah yang terkenal akan produksi belimbing adalah Demak, Jawa Tengah. Belimbing Demak terkenal berukuran besar, warnanya kuning cerah dan rasanya manis. Manfaat yang bisa kita peroleh, selain untuk kesehatan, enak dikonsumsi sebagai buah segar dan dapat juga dimanfaatkan sebagai tanaman pekarangan.
Bentuk buahnya yang unik dengan rasa manis dan bisa diolah menjadi beragam sajian.

Yang harus kita ketahui tentang buah belimbing manis :
  1. Orang yang bermasalah pada ginjalnya harus menghindari konsumsi buah ini karena mengandung asam oxalat.
  2. Orang yang memiliki kolesterol tinggi atau penderita diabetes juga harus menghindari buah ini, karena kandungan gulanya yang tinggi.
  3. Jus yang terbuat dari belimbing lebih berbahaya karena konsentrasi asamnya yang lebih tinggi.
  4. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi juga dipercaya sebagai obat kanker.
  5. Bunga buah belimbing yang berwarna keunguan dipercaya berkhasiat untuk mengobati penyakit malaria.
  6. Daunnya yang rimbun berkhasiat untuk mengobati sakit maag, melancarkan air seni, hipertensi dan penyakit bisul.
  7. Akar tanaman belimbing dapat mengobati penyakit rematik.
Belimbing wuluh bentuknya kecil memanjang, buahnya berwarna hijau. Meskipun rasanya masam, belimbing wuluh mampu mengatasi berbagai penyakit ringan dan penyakit degenerative serta bisa digunakan sebagai obat luar. Bagian yang biasa digunakan adalah buah, batang, daun, dan bunganya. Keempat bagian tersebut banyak mengandung senyawa yang berkhasiat, diantaranya adalah saponin, tannin, glukosida, hingga kalsium.

Belimbing wuluh merupakan tanaman yang berkhasiat untuk mengatasi penyakit :
  1. Batuk, terutama batuk kering : Segenggam bunga belimbing wuluh, beberapa butir adas, gula secukupnya dan air 1 cangkir, ditim selama beberapa jam. Setelah dingin disaring dengan sepotong kain, dibagi untuk 2 kali minum, pagi dan malam sewaktu perut kosong.
  2. Rematik : rebus daunnya dan minum air dari rebusan
  3. Tekanan darah tinggi : rebus 3 buah belimbing wuluh yang diiris dengan 3 gelas air sampai tinggal setengahnya. Kemudian saring dan minum dipagi hari.
  4. Diabetes : 6 buah belimbing wuluh dilumatkan direbus dgn 1 gelas air sampai air tinggal setengah lalu saring, minum 2 kali sehari.
  5. Gondongan: ambil10 ranting muda belimbing wuluh, daunnya dan 4 butir bawang merah setelah dicuci bersih lalu ditumbuk halus. Balurkan ketempat yang sakit.
  6. Sariawan : caranya dengan mengunyah atau ditempelkan pada bagian yang sariawan.
  7. Sakit gigi dan gusi berdarah : 2 buah belimbing wuluh dimakan tiap hari.
  8. Asma atau sesak :Cukup dengan merebus bunga belimbing wuluh dengan air dan gula batu. Lalu diminum sehari 2 – 3 kali setiap hari, sampai asma dan alerginya sembuh.

0 comments:

Post a Comment

Followers

Message

BlogUpp

 

Hanya Catatan ku Copyright © 2009 Cosmetic Girl Designed by Ipietoon | In Collaboration with FIFA
Girl Illustration Copyrighted to Dapino Colada