Saturday, February 27, 2010

Mengenal Buah Tomat


Tomat baik dikonsumsi semua orang karena mengandung vitamin C dan A, yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Buah tomat berasal dari Amerika tropis, Buahnya buah buni, berdaging, kulitnya tipis licin mengilap, beragam dalam bentuk maupun ukurannya, warnanya kuning atau merah. Bijinya banyak, pipih, warnanya kuning kecokelatan. Buah tomat yang ada di pasar bentuknya bulat, berukuran besar, berdaging tebal, berbiji sedikit, dan berwarna merah disebut sebagai tomat buah. Tomat jenis ini dimakan sebagai buah. Yang berukuran lebih kecil dikenal sebagai tomat sayur karena digunakan di dalam masakan. Yang kecil-kecil sebesar kelereng disebut tomat ceri dan digunakan untuk campuran membuat sambal atau dalam hidangan selada.

Yang harus diketahui tentang Tomat:
  1. Tomat yang baik dikonsumsi adalah tomat yang berwarna merah karena mengandung vitamin C dan A, 5X lebih banyak dibandingkan dengan tomat hijau. Semakin matang tomat, semakin kaya kandungan vitaminnya dan penting untuk kesehatan mata, tomat juga mengandung lycopene yaitu dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh akibat rokok, polusi dan sinar ultraviolet.
  2. Lycopene dalam tomat berkhasiat membantu mencegah kerusakan sel yang dapat mengakibatkan kanker leher rahim, kanker prostat, kanker perut dan kanker pankreas.
  3. Tomat sebaiknya dimakan setiap pagi sebanyak satu atau dua buah. Rasa asam pada tomat berasal dari kandungan asam sitrat menyebabkan tomat terasa segar, sehingga dapat menambah nafsu makan.
  4. Rasa asam pada tomat sangat baik dikonsumsi saat kita mengalami mual atau dikonsumsi oleh para wanita yang mengalami PMS (Pre Menstrual Syndrome). Jika tak kuat dengan rasa masamnya, terutama untuk yang memiliki penyakit maag, lebih baik tomat diolah menjadi sayur.
  5. Pilih tomat yang masih keras dan kulitnya masih segar, jangan pilih tomat yang warnanya kusam. Dan jika berbau asam dan sudah berarir, berarti sudah terjadi pembusukan.
  6. Tomat dinamakan ‘apel cinta’ karena tomat diyakini mampu memulihkan lemah syahwat dan meningkatkan jumlah sperma serta menambah kegesitan gerakannya.
  7. Tomat dapat mengobati diare, serangan empedu, gangguan pencernaan dan memulihkan fungsi lever.
  8. Gel berwarna kuning yang menyelubungi biji tomat dapat mencegah penggumpalan dan pembekuan darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.
  9. Tomatin didalam tomat bersifat sebagai antiinflamasi, yaitu dapat menyembuhkan luka dan jerawat.
  10. Tomat juga mempunyai sifat antipiretik yaitu penurun demam.
  11. Serat yang tinggi didalam tomat mampu mengatasi ganguan pencernaan seperti sembelit dan wasir.
  12. Mengkonsumsi buah tomat sebaiknya dimasak terlebih dahulu (dengan cara direbus/dikukus) karena lycopene merupakan bagian dari karotenoid yang larut dalam lemak dan sulit di serap oleh tubuh.

0 comments:

Post a Comment

Followers

Message

BlogUpp

 

Hanya Catatan ku Copyright © 2009 Cosmetic Girl Designed by Ipietoon | In Collaboration with FIFA
Girl Illustration Copyrighted to Dapino Colada