Friday, February 26, 2010

Sisi Plus Minus Dari Buah Nanas


Diantara kita pasti sudah pernah makan buah nanas dan mungkin ada perasaan takut untuk makan buah nanas ini karena isu-isu orang terdekat kita atau hal-hal lain yang membuat kita menjauhi buah nanas. Harus diketahui bahwa buah nanas adalah buah yang mempunyai kandungan aspartic acid yang cukup tinggi yang berfungsi sebagai asam amino di dalam tubuh dan dapat membantu proses metabolisme tubuh. Asam ini juga membantu membuang asam amonia di dalam tubuh (Amonia adalah racun yang berbahaya bagi sistem saraf pusat).
Nanas atau ananas (Ananas comosus) adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brazil, Bolivia, dan Paraguay. Tumbuhan ini termasuk dalam Famili Bromeliaceae. Nanas mengandung citric dan malic acid yang memberi rasa manis dan asam pada buahnya. Asam ini membuat nanas menjadi bahan makanan yang digunakan untuk membuat masakan asam manis atau asinan.
Ciri tumbuhannya (habitus):
1. Tumbuhannya rendah
2. Berujung tajam
3. Tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal.
4. Buahnya dalam bahasa Inggris disebut sebagai pineapple karena bentuknya yang seperti pohon pinus.
5. Nama 'nanas' berasal dari sebutan orang Tupi (anana, yang artinya buah yang sangat baik).
6. Burung penghisap madu (hummingbird) merupakan serbuk alamiah dari buah ini.
7. Di Indonesia, propinsi Lampung adalah tempat menanas nanas terbesar.

Bagi beberapa orang, mengkonsumsi nanas terlalu banyak dapat menyebabkan sakit kepala. Nanas dapat menimbulkan reaksi alergi pada sebagian orang, gejala alergi seperti kulit menjadi merah dan gatal setelah mengkonsumsi nanas. Untuk menghindari hal ini, potong dan celupkan nanas ke dalam air garam sebelum dikonsumsi.

Manfaat memakan buah nanas yang matang :
1. Bersifat dingin, membantu melunakkan makanan di lambung,
2. Dapat mengurangi keluarnya asam lambung yang berlebihan,
3. Membantu pencernaan makanan di lambung,
4. Mengandung Bromelain yaitu Anti radang,
5. Peluruh kencing (diuretik), mempermudah buang air besar pada penderita sembelit.
6. Membersihkan jaringan kulit yang mati,
7. Menghambat pertumbuhan sel kanker,
8. Menghambat penggumpalan trombosit.
9. Nanas dapat menjadi salah satu menu buah Anda di saat diet karena rasa dan aromanya yang khas.
10. Selain untuk dimakan, nanas juga dapat digunakan untuk membuat empuk daging kambing atau sapi sebelum diolah menjadi masakan.
    Beberapa khasiat nanas bagi kesehatan :
  1. Air Jus Nanas: Menurunkan berat badan, cacingan, radang tenggorokan, Beri-beri, masalah pencernaan.
  2. Daun Nanas (cuci bersih, ditumbuk halus, balurkan pada yang sakit): Untuk luka bakar, gatal dan bisul.
  3. Ketombe: Sediakan 1/4 buah nanas masak. Kupas kulitnya, lalu parut, peras, dan saring. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis dan aduk sampai rata. Gunakan ramuan ini untuk menggosok kulit kepala yang berketombe. Lakukan malam sebelum tidur. Keesokan paginya rambut dikeramas. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.
  4. Peradangan kulit: sediakan 1/2 buah nanas yang telah masak. Kupas kulitnya, lalu parut. Hasil parutannya dipakai untuk menggosok kulit yang bersisik dan mengelupas. Lakukan sekali sehari, malam sebelum tidur. Keesokan paginya baru dicuci bersih. Lakukan setiap hari.
  5. Untuk sembelit : minum air perasan dari 3 buah nanas, pilih buah yang belum terlalu matang dan rasanya sedikit asam.
    Efek Samping dari makan buah nanas :
  1. Nanas muda berpotensi sebagai abortivum (sejenis obat) yang dapat menggugurkan kandungan. Karena itu, nanas dapat digunakan untuk melancarkan terlambat haid.
  2. Memicu rematik : di dalam saluran cerna buah nanas terfermentasi menjadi alkohol. Ini bisa memicu kekambuhan rematik. Penderita rematik dan radang sendi dianjurkan untuk membatasi konsumsi nanas.
  3. Meningkatkan gula darah. Buah nanas masak mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Jadi, bagi penderita diabetes, sebaiknya tidak mengkonsumsi nanas secara berlebihan.
  4. Menimbulkan rasa gatal. Terkadang sehabis makan nanas segar, mulut dan lidah terasa gatal. Untuk menghindarinya, sebelum dimakan, rendam potongan buah nanas dengan air garam.
    Kandungan Buah Nanas :
  1. Asam chlorogen yaitu antioksidan : Asam ini memblokir formasi dari nitrosamine ( yaitu zat yang dapat menyebabkan kanker). Nitrosamine terbentuk ketika daging olahan yang diberi pengawet dipanaskan pada suhu tinggi.
  2. Cystine yang berguna untuk pembentukan kulit dan rambut kita, membentuk formasi kulit dan mempercepat penyembuhan luka. Cystine juga membantu memperlambat proses penuaan dini.
  3. Zat asam amino esensial (valine dan leucine) yang terdapat di dalam nanas dibutuhkan oleh tubuh kita untuk pertumbuhan dan memperbaiki jaringan otot. Zat ini juga termasuk salah satu zat esensial yang diperlukan untuk mempertahankan kadar energi tubuh kita. Zat amino non esensial (proline) penting untuk mempertahankan fungsi sendi dan tendon serta menguatkan otot jantung. Penelitian menyebutkan nanas mempunyai asam amino esensial dan non esensial untuk membantu memperkuat sistem imun dalam tubuh, mengatasi keletihan dan meningkatkan stamina dan energi.
Ketika memilih nanas, pilihlah nanas yang berat. Hal ini menandakan tingkat kesegarannya. Buah nanas yang sudah matang mempunyai bau yang kuat, manis dan khas. Buah nanas yang tidak matang terasa sangat kecut. Ketika nanas yang belum matang dipanen dari tanamannya, buah tersebut tidak akan bisa menjadi lebih matang lagi. Buah nanas yang tidak matang tersebut akan mulai membusuk. Karena buah nanas tidak mempunyai cadangan yang bisa diubah menjadi gula.

0 comments:

Post a Comment

Followers

Message

BlogUpp

 

Hanya Catatan ku Copyright © 2009 Cosmetic Girl Designed by Ipietoon | In Collaboration with FIFA
Girl Illustration Copyrighted to Dapino Colada