Monday, February 15, 2010

Air Susu Ibu (Dengan Segala Manfaatnya)


Air Susu Ibu (ASI) adalah sebuah cairan kehidupan untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi dan melindunginya dalam melawan kemungkinan serangan penyakit. ASI mengandung nutrisi dan elemen dengan jumlah yang sesuai untuk pertumbuhan bayi yang sehat. Memberikan ASI kepada bayi bukan saja memberikan kebaikan bagi bayi tapi juga keuntungan bagi sang ibu. Bayi yang diberi ASI sampai lebih dari 9 bulan akan menjadi dewasa dan lebih cerdas karena ASI mengandung DHA/AA. ASI juga sangat kaya akan sari-sari makanan yang mempercepat pertumbuhan sel-sel otak dan perkembangan sistem saraf.

Hari pertama setelah melahirkan, payudara akan menghasilkan kolustrum, yaitu cairan kekuningan yang mengandung protein tinggi yang membentuk antibodi, enzim, dan hormon. Perkembangan bayi yang terlalu lamban bukan karena ASI sang ibu tidak cukup, tetapi karena bayi tidak mendapat susu yang cukup, disebabkan karena cara bayi menghisap puting susu yang kurang tepat.
Pemberian susu yang baik harus sesuai kebutuhan bayi. Teknik dan posisi menyusui harus tepat, bayi membuka mulutnya lebar-lebar untuk memasukkannya ke puting/aerola. Bayi yang telah melakukan gerakan menyusui dengan tepat jika telinga dan pelipisnya bergerak-gerak yang menandakan otot rahangnya bekerja keras.

Manfaat ASI bagi seorang ibu:
1. Menghentikan Pendarahan.
Selama ASI digunakan, produksi oksitosin-hormon yang berperan dalam produksi ASI akan berlangsung terus. Hormon ini bermanfaat bagi ibu karena membuat otot-otot polos rahim dan pembuluh darah menjadi berkerut. Hal ini akan bekerja secara maximal setelah melahirkan dan ibu bisa langsung mulai menyusui bayinya. Dengan demikian, penyempitan pembuluh darah yang terbuka saat melahirkan bisa dipercepat.
2. Mencegah Kanker dan Kehamilan.
Penelitian menunjukkan bahwa ibu yang memberikan ASI secara eksklusif memiliki resiko terkena kanker payudara dan kanker ovarium lebih kecil dibanding yang tidak menyusui secara eksklusif. Karena ASI secara tepat menemukan keberadaan sel-sel kanker dan kemudian membunuhnya. Adalah zat yang disebut alpha-lac (alphalactalbumin) yang terdapat dalam jumlah besar di dalam ASI, yang mengenali keberadaan se-sel kanker dan membunuhnya. Alpha-lac dihasilkan oleh sebuah protein yang membantu pembuatan gula laktosa di dalam susu
3. Membantu mengurangi timbunan lemak
Ibu yang menyusui secara eksklusif ternyata lebih mudah dan lebih cepat kembali ke berat badan semula seperti pada saat belum hamil. Timbunan lemak yang terbentuk pada masa kehamilan sebetulnya memang disiapkan sebagai sumber tenaga dalam proses produksi ASI. Dengan menyusui, tubuh akan menghasilkan ASI lebih banyak sehingga timbunan lemak yang berfungsi sebagai cadangan tenaga akan terpakai dan berat badan ibu akan cepat kembali seperti sebelum kehamilan.

Persiapan Ibu Sebelum Menyusui.
1. Pilihlah bra dengan bahan lembut (sebaiknya dari bahan katun) dengan model yang benar-benar menyangga payudara, tali bra yang lebar, serta bagian belakang yang bisa disesuaikan. Periksalah ukuran payudara secara teratur, karena payudara akan terus membesar selama kehamilan.
2. Memasuki 36 minggu sebelum melahirkan, sebaiknya sudah memilih bra menyusui yang sesuai. Memakai bra dengan ukuran yang tidak sesuai dapat menyebabkan infeksi pada kelenjar susu.
3. Memasuki 24 minggu sebelum melahirkan, persiapkanlah dengan merawat puting susu dengan cara membersihkannya pada waktu mandi.
4. Pada akhir bulan kehamilan, sekitar 6 minggu menjelang kelahiran mulailah membuka saluran susu dengan memijat lembut payudara pada bagian gelap dari payudara (aerola) dan puting susu. Pijatan ini, mungkin dapat mengeluarkan tetesan air susu yang berupa cairan kental berwarna kekuningan. Jika sudah selesai, bersihkan payudara dan puting susu dengan air dan keringkan dengan handuk, dan jangan menggunakan sabun didaerah puting.

Menyusui memang kelihatan sederhana karena orang yang berpendidikan terbataspun bisa melakukannya. Memutuskan untuk menyusui sebaiknya sudah direncanakan sejak terjadi kehamilan, supaya kita tahu tehnik dan manfaat menyusui yang tepat dan cara merawat payudara agar terhindar dari bakteri-bakteri yang dapat mengganggu kesehatan ibu dan anak. Selamat Menyusui bagi Ibu-ibu yang sedang masa menyusui.

0 comments:

Post a Comment

Followers

Message

BlogUpp

 

Hanya Catatan ku Copyright © 2009 Cosmetic Girl Designed by Ipietoon | In Collaboration with FIFA
Girl Illustration Copyrighted to Dapino Colada