Monday, February 22, 2010

Manggis & Manfaat Bagi Kesehatan


Buah Manggis rasanya manis, buahnya berwarna ungu gelap dan kaya akan Antioksidan. Manggis (mangosteen) memiliki nama latin Garnicia Mangostana berasal dari kawasan Asia Tenggara. Pohon manggis hanya bisa tumbuh di daerah beriklim tropis yang bercuaca panas dan lembab, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Myanmar. Selain di Asia, buah ini hanya bisa tumbuh di Hawaii dan Australia Utara yang beriklim tropis. Buah Manggis kaya akan vitamin B1, B2 & C dan mengandung mineral -mineral seperti kalsium, potassium, sodium dan zat besi. Manggis mengandung antioksidan yang dipercaya memiliki Xanthone, kandungan xanthone dalam kulit manggis disebut pericarp.
Antioksidan ini dapat membantu mengobati :
1. Kerusakan sel akibat oksidasi radikal bebas,
2. Menghambat proses penuaan,
3. Mencegah penyakit degeneratif (jantung, stroke, kanker, diabetes, ginjal)

Selain buahnya yang dapat dikonsumsi dan dibuat jus buah, kulit buah manggis juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.
Manfaat dari kulit buah manggis:
  1. Sebagai antijamur dan antibakteri penyebab jerawat.
  2. Sebagai antikanker seperti kanker hati, kanker pencernaan, kanker paru-paru dan lain-lain
  3. Sebagai antioksidan untuk mengobati jantung koroner
  4. Ekstrak kulit manggis bersifat antiproliferasi yang bersifat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.
  5. Kulit manggis juga bersifat apoptosis untuk penghancur sel kanker.
  6. Xanthone dalam kulit manggis juga ampuh mengatasi penyakit tuberculosis (TBC), asma, leukimia, antiinflamasi dan antidiare.
  7. Untuk mengobati sariawan : digunakan kulit dari 2 buah manggis yang masak, dicuci, dan dipotong-potong direbus dengan 3 gelas sampai air sampai volume tinggal 1/2-nya, setelah dingin disaring kemudian dikumur dan terus diminum (3-6 x sehari 2 sendok makan).
  8. Mengobati diare : digunakan kulit dari 2 buah manggis yang masak, dicuci dan dipotong-potong direbus dengan 3 gelas sampai air sampai volume tinggal 1/2-nya, setelah dingin disaring kemudian diminum dengan madu bila perlu (2 x sehari 3/4gelas).
  9. Mengobati disentri: digunakan kulit dari buah manggis, dicuci dan di potong-potong, direbus dengan 4 gelas air sampai volume tinggal 1/2 gelas, setelah dingin disaring lalu diminum dengan madu bila perlu (2 x sehari 3/4 gelas).

0 comments:

Post a Comment

Followers

Message

BlogUpp

 

Hanya Catatan ku Copyright © 2009 Cosmetic Girl Designed by Ipietoon | In Collaboration with FIFA
Girl Illustration Copyrighted to Dapino Colada